Berita

Loading...

Tuesday, 2 July 2013

Cara Membuat Jaringan LAN ( Local Area Network )

Nah Sebelum Membuat Jaringan LAN Kita Harus Terlebih Dahulu Mengerti Cara Membuat Jaringan LAN,Kabel untuk menghubungkan jaringan jenis LAN ini disebut kabel UTP yang setiap ujungnya diberi konektor RJ-45. Kali ini saya akan membahas aturan pembuatan kabel LAN dalam artikel Membuat Kabel UTP untuk sambungan pada LAN.

Berikut adalah alat dan bahan yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan Kabel LAN.



Kabel UTP














Konektor RJ-45







Crimping Tools


Crimping Tools

Lan Tester








1. Dalam memulai pembuatan kabel untuk sambungan pada LAN, pertama persiapkan kabel UTP dengan panjang jangan melebihi 100 meter. Karena jika lebih, daya yang dialirkan tidak akan optimal.

2. Dengan menggunakan crimping tools, kupas kulit kabel pada kedua ujungnya. Panjang kulit kabel yang dikupas jangan melebihi panjang konektor RJ-45, hal ini agar kabel UTP dan konektor dapat terkunci dengan kuat. Akan terlihat 8 kabel didalamnya dengan warna yang berbeda, kabel ini tidak perlu dikupas. Potong kedelapan kebel ini dengan crimping Tools hingga rata dan sama panjang.



Memotong Kabel UTP





Hasil Pemotongan kabel UTP










3. Terdapat 8 kabel kecil dengan warna yang berbeda, kabel-kabel ini perlu dirutkan. Ada 2 jenis pengurutkan kabel UTP, ingat pengurutan dimulai dari kiri.
T568A : Hijau-putih, hijau, jingga-putih, biru, biru-putih, jingga, coklat-putih, coklat.
T568B : Jingga-putih, jingga, hijau-putih, biru, biru-putih, hijau, coklat-putih, coklat.





4. Setelah pengurutan kabel selesai, masukan kabel pada konektor RJ-45. Posisi konektor bagian tuas pengunci harus dibawah, dan bagian tembaga berada diatas. Kencangkan menggunakan crimping tools agar kabel dan konektor terkunci dengan kuat.



Penghubungan Kabel dan konektor 




Pengencangan Kabel dan konektor menggunakan crimping tools 










5. Tentukanlah jenis kabel UTP (berdasarkan ujung-ujungnya). Ada dua jenis kabel UTP berdasarkan ujung-ujungnya:
Straight Through, yaitu kabel UTP untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda. Contohnya menghubungkan komputer dengan Switch. Ujung kabel ini terdiri dari pengurutan T568B ke pengurutan T568B.


 

Cross Over, yaitu kabel UTP untuk menghubungkan dua perangkat yang sama. Contohnya menghubungkan switch dengan switch. Ujung kabel ini terdiri dari pengurutan T568B ke pengurutan T568A.




6. Jika semuanya telah selesai, ujilah terlebih dahulu kabel UTP yang baru sobat buat dengan LAN Tester. LAN Tester ini terdiri dari dua bagian. Hubungkan ujung kebel pertama dengan bagian LAN Tester pertama, dan hubungkan ujung kebel kedua dengan bagian LAN Tester kedua.





- Jika lampu pada LAN Tester menyala secara berurutan dari 1 sampai 8, maka jenis pengurutan adalah T568B. 


- Jika lampu LAN tester menyala dari 3, 6, 1, 4, 5, 2, 7, 8, maka jenis pengurutan adalah T568A.


- Jika Lan Tester bagian pertama menunjukan T568B dan yang kedua menunjukan T568B, maka Jenis kabel UTP adalah Straight Through.


- Jika Lan Tester bagian pertama menunjukan T568B dan yang kedua menunjukan T568A, maka Jenis kabel UTP adalah Cross Over.

Selamat Mencoba .

Post a Comment

SMS Gratis